Puncak Hari Lingkungan Hidup di Jawa Timur

Share

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 Provinsi Jawa Timur dipusatkan di Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (28/7). Dalam acara tersebut di gelar berbagai macam kegiatan yang dimulai sejak sehari sebelumnya. Mulai pameran lingkungan hidup, lomba majalah dinding, lomba parikan lingkungan hidup, hingga lomba kreasi dari barang-barang bekas.

Seksi Konservasi Wilayah VI (SKW VI), sebagai kepanjangan tangan dari BBKSDA Jatim di daerah, turut serta menyemarakan peringatan hari lingkungan hidup tersebut, dengan ikut dalam pameran lingkungan hidup. Dengan ukuran stan 4×6, rekan-rekan SKW VI berupaya menampilkan informasi-informasi seputar tumbuhan dan satwa liar (TSL), baik itu yang dilindungi, upaya pemanfaatan TSL, serta kegiatan-kegiatan penyelamatan TSL. Adapun tema yang diusung dalam peringatan hari lingkungan hidup tahun ini adalah Go Wild For Life.

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo juga turut hadir pada puncak peringatan hari lingkungan hidup tahun ini. “Mari kita canangkan suistanable development agar pembangunan kita berkelanjutan, karena pembangunan lingkungan yang baik akan menciptakan pembangunan manusia yang akan menghasilkan generasi penerus yang luar biasa. Mari kita wariskan ke anak cucu kita udara yang bersih, sejuk, air yang bersih dan ikan yang segar,” ujar Pakde Karwo.

Pada kesempatan ini, Pakde Karwo secara simbolis menyerahkan penghargaan lingkungan hidup tingkat Jawa Timur yang terdiri dari beberapa kategori, diantaranya, Penyusun Terbaik Status Lingkungan Hidup Daerah, Pelestarian Lingkungan Hidup yang terdiri dari kategori perintis lingkungan, pengabdian lingkungan, penyelamat lingkungan, dan pembina lingkungan, Desa/kelurahan Berseri Kategori Mandiri, Sekolah Adiwiyata Provinsi, dan Pelaksanaan Pelaporan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selanjutnya Gubernur didampingi oleh Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim berkenan melakukan penanaman pohon langka sumbangan dari Kebun Raya Purwodadi, melakukan pelepasan burung sumbangan dari Taman Safari II dan berkeliling melihat-lihat 32 stand pameran lingkungan hidup. (Agus Irwanto)