Pembentukan Masyarakat Peduli Api Kawah Ijen, Menuju MPA Proklim

Share

Balai Besar KSDA Jawa Timur bersama Balai PPI Jabalnusra melaksanakan pelatihan dan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kawah Ijen di kantor Desa Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi, 20 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, utamanya para pemandu wisata dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Taman Wisata Alam Kawah ijen.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang ini menjadi salah satu bentuk upaya nyata BBKSDA Jatim dalam penguatan keterampilan teknis, wawasan, dan kelembagaan terhadap para pemandu wisata dan MMP. Secara rutin mereka telah melakukan pengendalian kebakaran hutan yang terjadi di TWA Kawah Ijen.

Dengan adanya kelembagaan MPA yang telah terbentuk, pihak BBKSDA Jatim akan terus mengupayakan dukungannya dengan melengkapi sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutan. Untuk itu akan terus dijalin komunikasi dengan Balai PPI Jabalnusra terkait usulan perlengkapan dimaksud.

Selain itu, akan terus diupayakan peningkatan kapasitas pelaku wisata yang ada di TWA. Kawah Ijen dengan pelatihan sejenis atau pelatihan lainnya yang masih relevan, yang juga diharapkan dapat memberdayakan ekonomi anggota MPA. Juga, akan menjajaki peluang pengembangan kelembagaan MPA ke arah kelompok MPA Proklim, sebagai unit percontohan kegiatan MPA. (ak)