Kunjungan Kerja Dirjen KSDAE Ke Banyuwangi

Share

Pada 3 – 6 Mei 2016, Dirjen KSDAE melakukan kunjungan kerja dalam rangka sinkronisasi pengelolaan kawasan wisata alam di kabupaten Banyuwangi. Pada kesempatan kunjungan ini turut mendampingi Direktur PJLHK dan Subdit Konservasi Kawasan berserta Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur dan staf. Maksud dari kunjungan ini untuk menyelaraskan rencana pengembangan pariwisata yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi, yang meliputi obyek wisata Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Taman Nasional (TN) Alas Purwo dan TN. Meru Betiri.

Pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi saat melakukan paparan konsep pengembangan wisata di Hotel Ketapang Indah dipimpin langsung oleh Wakil Bupati bapak Yusuf. Khusus untuk pengembangan kawasan wisata Kawah Ijen pihak pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi merekomendasikan pelebaran jalan mulai dari Jambu menuju paltuding, pembuatan drainase, pembangunan jembatan dan pebuatan plesengan di tebing “Erek-Erek”.

Usai mendengarkan paparan dan melakukan diskusi Dirjen KSDAE beserta tamu melanjutkan kunjungan langsung ke TWA Kawah Ijen guna melihat langsung kondisi terakhir pengelolaan wista yang sudah berjalan. Beberapa masukan terhadap pengelolaan wisata di TWA Kawah Ijen adalah pembinaan pramuwisata lokal, pembinaan penambang, dan penataan sarana dan prasarana wisata yang terkesan belum tertata dengan baik. Sarana wisata yang menjadi sorotan Bapak Dirjen KSDAE adalah aspek keamanan pengunjung seperti kelengkapan dan kebersihan selter, tempat istirahat pada tiap-tiap tanjakan, tali atau pagar pengaman daerah-daerah yang dianggap rawan longsor, dan pembuatan papan larangan serta papan himbauan.

Kunjungan kerja Bapak Dirjen KSDAE di Kabupaten Banyuwangi ditutup dengan mengunjungi kawasan wisata di Taman NAsional Alas Purwo yakni Blok Pancur dan Plengkung. Sedang di wilayah teritorial Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi mengnjungi penangkaran terumbu karang (Koral) di wilayah Ketapang-Selat Bali. (Adnan Aribowo, Polisi Kehutanan Pada Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi)