Kajian keanekaragaman Flora di Pulau Sempu Tahap II

Share

Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi (BKT-KRP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, tahun ini kembali melanjutkan kegiatan “Kajian Keanekaragaman Flora Pulau Kecil di Cagar Alam Pulau Sempu – Jawa Timur” pada bulan April dan Mei tahun 2016 ini.

Perlu diketahui BKT-KRP melaksanakan kegiatan kajian ini selama 5 tahun yang dimulai dari tahun 2015 kemarin. Untuk tahap kedua ini, Rony Irawanto, S.Si, MT. melakukan presentasi kegiatannya di kantor Balai Besar KSDA Jatim, 7 April 2016.

Menurutnya, tahun ini kegiatan akan dilaksanakan oleh 2 tim, yakni tim 3 yang direncanakan selama 8 hari pada 13 -20 April 2016. Dengan lokasi tempat penelitiannya adalah jalur menuju Telogo Lele. Sedangkan tim 4 akan mulai melakukan kegiatan pada bulan Mei 2016 dengan mengambil jalur ke Segoro Anakan. Masing-masing tim terdiri atas 5 orang peneliti dengan keahlian yang beragam, seperti botani, ilmu Tanah, taksonomi tumbuhan, registrasi koleksi dan konservasi tumbuhan.

Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah Metode Eksploratif dan Metode Sampling Vegetasi. Metode Eksploratif digunakan dalam kegiatan dokumentasi, inventarisasi dan pengoleksian flora. Sedangkan Metode Sampling Vegetasi, dilakukan untuk mengetahui komposisi dan struktur vegetasi.

Output kegiatan ini adalah buku jenis flora, teridentifikasinya 800 jenis flora, dan 40 buah karya ilmiah. (Agus Irwanto)