Gas Belerang Turun, Kawah Ijen Ditutup

Share

Foto : Sam Kawah Ijen

Diperkirakan adanya letupan pada permukaan kawah, kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen ditutup untuk kunjungan wisata, dimulai 22 Maret 2018 dini hari tadi. Letupan tersebut diperkirakan akibat dari perbedaan suhu yg sangat besar antara di bawah dan di atas permukaan kawah. Akibat dari letupan tersebut gas dan bau belerang mengalir dan terbawa angin menuju ke arah barat.

Balai Besar KSDA Jawa Timur melalui Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi dan Resort Konservasi Wilayah Kawah Ijen telah melakukan koordinasi dengan pihat terkait, utamanya Kepolisian Resort Bondowoso. Kerjasama-pun telah dilakukan dengan Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) untuk komunikasi pelaksanaan selamapenutupan kawasan. Mengingat di sekitar Kawah Ijen tidak terdapat sinyal telepon selular.

Petugas dari BBKSDA Jatim dan kepolisian telah melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk menuju Paltuding untuk menghalau pengunjung yang datang.

Selanjutnya, pembukaan kembali Kawah Ijen akan dilakukan kemudian setelah kondisi dianggap aman bagi pengunjung. (Agus Irwanto, Admin )