BBKSDA Jatim Berikan Piagam Penghargaan Ke Berbagai Pihak

Share

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember, Setyo Utomo, SH. M.Si. menyerahkan piagam penghargaan kepada Polresta Banyuwangi atas partisipasinya dalam penanggulangan kebakaran hutan di Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, 23 November 2019. Penyerahan piagam penghargaan itu diterima sendiri oleh Kapolresta Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi di Kantor Kepolisian Resort Kota (Polresta) Banyuwangi.

Sebelumnya, pada 19 November 2019, BBKSDA Jatim juga memberikan piagam penghargaan kepada Kepolisian Resor Bondowoso atas partisipasi penanggulangan kebakaran hutan di Kawah Ijen dan penegakan hukum terhadap pelaku pembakar hutan. Piagam penghargaan tersebut diterima oleh diterima oleh Kasat Reskrim, AKP Jamal.

“Pemberian piagam ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara Balai Besar KSDA Jawa Timur dengan Jajaran aparat penegak hukum khususnya,” Ujar Setyo Utomo.

Dihari yang sama, BBKSDA Jatim juga memberikan piagam penghargaan kepada Kodim 0822 Bondowoso yang diterima oleh Kasdim 0822 Mayor Inf. Irawan Setyadi, SH.

Seperti diketahui bahwa kedua kawasan ini terbakar hebat pada 19 -31 Oktober yang lalu. Setidaknya 970 Ha hutan konservasi Kawah Ijen habis terbakar, dan ini merupakan kebakaran terbesar yang pernah dialami sejak tahun 2005. Dan sebagai dampak dari kebakaran tersebut, TWA. Kawah Ijen ditutup sejak 20 Oktober hingga 5 November 2019.

Dalam pelaksanaan pemadaman kebakaran hutan tersebut melibatkan berbagai pihak, mulai TNI dan POLRI hingga para pelaku wisata. Bahkan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ikut mengirimkan helikopter untuk melakukan water booming pada beberapa titik kebakaran di Kawah Ijen.

Tak berapa lama Polres Bondowoso berhasil menangkap dua oknum warga yang melakukan pembakaran hutan lindung yang kemudian merembet hingga membakar hutan konservasi Kawah Ijen. Dan pada 11 November 2019 kedua warga tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

Naskah dan foto : Warsono, PEH. Muda pada Bidang KSDA Wilayah III Jember