A. Dasar Penunjukan dan Luas
Kawasan hutan pegunungan Arjuna ditunjuk sebagai Kawasan Taman Wisata Alam Tretes berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 425/Kpts/Um/10/1975 tanggal 23 Oktober 1975 tentang Penunjukan Sementara Sebagian Kawasan Hutan Pegunungan Arjuna Seluas 10 Ha yang terletak di Tretes Daerah Tingkat I Jawa Timur Sebagai Hutan Wisata.
 
B. Letak/Lokasi
Menurut administrasi pemerintahan, Taman Wisata Alam Tretes terletak di Desa Pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, sedangkan secara geografis kawasan ini terletak pada 7º40’33’’ – 7º41’22’’ LS dan 112º38’38’’ – 112º39’11’’ BT.
 
C. Potensi Kawasan
• Flora 
Jenis-jenis pohon yang ada antara lain jenis Eucaliptus sp, pinus  (Pinus merkusii), anggrung (Macaranga sp), cembirit (Ervatamia divaricata), nangka (Arthocarpus heterophylla), dadap (Erythrina variegata), awar-awar (Ficus septica), nyampo (Litsea  umbelliflora), keningar (Cinnamomum zeylanicum), bendo (Artocarpus elasticus), sengon (Paraserianthes falcataria). Sedangkan vegetasi penyusun tumbuhan bawah adalah semak dan herba dan hanya sedikit jenis rumput (suku graminae).
 
• Fauna
Potensi fauna di dalam kawasan Taman Wisata Alam Tretes, antara lain kera abu-abu (Macaca fascicularis) dan lutung Jawa (Tracypithecus auratus) serta babi hutan (Sus scrofa), namun saat ini sudah jarang dijumpai karena satwa-satwa tersebut selalu berinteraksi dengan perubahan lingkungan yang ada. Satwa yang masih sering dijumpai adalah dari jenis burung yang terdiri dari prenjak coklat (Prinia polynchora), trocokan (Pycnonotus goaivier), kepodang (Oriolus chinensis), kutilang (Pycnonotus aurigaster), sesap madu kuning (Nectarinia jugularis),  dan raja udang (Halycon cyanoventris).
 
F. Aksesibilitas
Akses menuju Taman Wisata Tretes sangat mudah, karena didukung dengan prasarana jalan dan trasportasi yang memadai. Kondisi jalannya beraspal serta angkutan umum berupa colt pick up L-300 yang beroperasi L-300 yang beroperasi selama 24 jam non stop. Untuk mencapai TWA Tretes dari ibukota Jawa Timur (Surabaya) dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan jarak ± 40 km, dari ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II Pasuruan ± 40 km, dari Terminal Pandaan ± 20 km dan dari ibukota Kecamatan Prigen ± 3 km. Apabila ditempuh dengan kendaraan umum maka penumpang dapat naik dari Terminal Pandaan.
Disekitar kawasan TWA Tretes tersedia sarana akomodasi yang cukup antara lain motel, vila dan hotel dengan fasilitas yang sangat memadai seperti Hotel Surya, Forest Inn, Hotel Tretes dan Hotel Giri.